Hari/Tanggal : Senin , 30 Agustus
2021
Kelas :
IV
Tema :
2 (Selalu Berhemat Energi)
Subtema :
3 Energi Alternatif
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat peraga : Video dan gambar
Tujuan Pembelajaran
1. 1. Dengan
mengamati gambar dan membaca teks petunjuk tertulis, siswa mampu
mengidentifikasi langkah-langkah pembuatan layang-layang dengan tepat.
2. Dengan
mengolah informasi, siswa mampu menyajikan hasil identifikasi
tanaman
jarak sebagi sumber daya alam alternatif dan pemanfaatannya
dalam
bentuk tulisan dengan sistematis.
3. Setelah
mengamati lingkungannnya, siswa mampu mempresentasikan
pelaksanaan
hak dan kewajiban dari masyarakat di lingkungannya dengan benar.
4. Setelah bereskplorasi, siswa
mampu mengidentifikasi unsur-unsur pada pecahan campuran dengan benar.
5. Setelah bereksplorasi, siswa
mampu menyatakan pecahan campuran ke
dalam
pecahan biasa atau sebaliknya dengan benar.
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Ringkasan Materi
Bahasa Indonesia
Teks petunjuk adalah jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan sebuah
proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu. Proses membuat sesuatu dikerjakan melalui langkah-langkah runtut dan
teratur.
Struktur teks petunjuk terdiri atas tujuan dan langkah- langkah. Tujuan dalam teks petunjuk adalah hasil akhir yang akan dicapai. Langkah- langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan tercapai. Contoh teks petunjuk (ada di buku : Tema 2 halaman 97, tentang : Bagaimana membuat layang-layang?
IPA (Ilmu pengetahuan Alam )
Sumber
energi yang berasal dari minyak bumi dan gas merupakan sumber energi yang tidak
dapat diperbaharui. Sumber energi ini memiliki ketersediaan yang terbatas dan
suatu saat akan habis. Manusia memerlukan sumber energi lain atau sumber energi alternatif untuk
memenuhi kebutuhannya.
Sumber
energi alternatif merupakan sumber energi yang bukan sumber energi tradisional.
Sumber energi tradisional adalah bahan bakar fosil seperti batu baru, minyak dan gas alam. Sumber energi alternatif
yang dikembangkan saat ini memanfaatkan sumber energi yang tersedia di alam dan
tidak akan habis, yaitu dapat diperbarui, contohnya sinar matahari, angin, air,
dan panas bumi.
Indonesiaa
memiliki sumber daya alam yang juga dapat digunakan sebagai sumber energi
alternatif. Contohnya tumbuhan jarak yang diolah menjadi minyak jarak ( Silakan di baca : di buku Tema 2 halaman
100)
Penggunaan
energi alternatif bertujuan mengurangi penggunaan energi dari fosil, seperti
minyak bumi. Mengapa? Karena butuh waktu bertahun-tahun untuk proses
pembentukan minyak bumi. Selain itu, energi alternatif juga mengurangi
kerusakan lingkungan. Pencemaran asap karena sisa pembakaran minyak bumi
menyebar ke udara dan menyebabkan pemanasan global. Salah satu cara paling
bijak yang dapat kita lakukan adalah berhemat energi.
PPKN
Berhemat energi adalah cara
yang paling bijak untuk mengurangi kerukan lingkungan. Sebagai bagian dari
masyarakat itu adalah kewajiban kita.
Berikut ini adalah contoh
yang dapat kita lakukan untuk mengehemat energi.
- Mematikan
lampu jika siang hari
- Menghemat
penggunaan air, misalnya tidak membuang air atau menyiram tanaman dengan
bekas cucian beras
- Menanam
tumbuhan di sekitar kita untuk menyegarkan udara.
Setelah memenuhi kewajiban,
kita dapat memperoleh hak kita, misalnya
memperoleh lingkungan yang segar untuk kesehatan dan kenyamanan. Selain itu,
kita juga mempunyai hak untuk memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan
oleh alam, untuk minum, mandi,
pengairan, dan pembangkit tenaga listrik.
Matematika
Pecahan
- Ketika
pembilang pecahan nilainya lebih besar dari penyebutnya, maka pecahan
tersebut di tuliskan dalam bentuk pecahan campuran.
- Ketika
pembilang dan penyebutnya mempunyai nilai yang sama, maka pecahan tersebut
sama dengan satu
Ketika kita mengubah pecahan
campuran ke pecahan biasa kita bisa membagi pembilang dengan penyebutnya.
Misalnya pecahan 9/4.
Mari kita simak video pembelajaran 1 dan 2 berikut ini :
Latihan
Matematika
- Mengubah Pecahan Biasa
menjadi Pecahan Campuran
1. 5/3 = ...
2. 37/3 = ....
- Mengubah Pecahan
Campuran menjadi Pecahan Biasa
1.
1 5/8
= .....
2.
4
7/10 = ....
Latihan PPKn dan B. Indonesia di buku
“Modul Tematik “ Halaman 44
Kerjakan langsung di modul tersebut ya
nak.
Selamat mengerjakan. Semoga Selalu
sehat, semangat dan tetap menjaga prokes ya nak J
0 comments:
Posting Komentar