Hari/tanggal : Selasa, 05 Oktober 2021
Kelas : IV
Tema : 4 (Berbagai Pekerjaan)
Sub tema : 2 (Pekerjaan di sekitarku)
Pembelajaran : 3 & 4
Tujuan Pembelajaran :
a) Setelah berdiskusi, siswa mampu menyebutkan pentingnya pemanfaatan sampah sebagai upaya pelestarian sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.
b) Setelah berdiskusi, siswa mampu mengkomunikasikan contoh kegiatan pemanfaatan sampah sebagai upaya menjaga kelestarian alam dalam kehidupan sehari-hari dengan detail.
c) Setelah membaca cerita, siswa mampu menghubungkan sikap tokoh dengan pengamalan sila ketiga Pancasila dengan benar.
d) Setelah membaca cerita, siswa mampu menceritakan kegiatan yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari sesuai sila ketiga pancasila dengan benar
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah. (Bismillahirrohmanirrohim)
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari pembelajaran 1 & 2 tentang berbagai jenis pekerjaan di lingkungan sekitar mu serta kaitannya dengan sila ke dua Pancasila, dan menghitung luas dan keliling persegi panjang. Hari ini kita akan memasuki pembelajaran 3 & 4 ya yuk persiapkan diri kalian.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Pembelajaran 3
Let's See this video
Bacalah teks dengan membaca senyap!
Perhatikan tabel di bawah!
Tuliskan jenis barang yang dihasilkan dari setiap pekerjaan dan jenis sumber
daya alam yang digunakan!
Jawaban nya: lihat tabel dibawah ini!
CATATAN: (SILAHKAN DI CATAT ULANG DI BUKU TULIS KALIAN)
Sumber daya alam adalah semua yang berasal dari Bumi, biosfer, dan atmosfer. Sumber daya alam memiliki peranan penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Selain itu, sumber daya alam juga penting sebagai tempat tinggal manusia.
Jenis sumber daya alam Jenis sumber daya alam bisa dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan macamnya. Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam terbagi menjadi:
1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui . Jenis ini adalah sember daya yang bergantung pada manajemennya. Persediaannya bisa menurun atau meningkat. Jika dikelola dengan baik, jenis ini bisa pulih dan regenerasi kembali. Contohnya adalah tanah, hutan, hewan, dan tumbuhan.
2. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Ini merupakan sumber daya yang secara fisik akan habis dan tidak bisa digunakan kembali. Contohnya batu bara, minyak bumi, dan gas alam.
Sumber daya alam yang tidak habis. Contohnya adalah udara, matahari, dan energi air.
Amatilah tabel mu. Kemudian perhatikan soal dibawah ini.
1. Jenis sumber daya alam apa saja yang kamu manfaatkan?
Jawaban: Hewan dan Tumbuhan
2. Bagaimana kamu menghemat barang-barangmu agar sumber daya alam dapat terjaga keberadaannya?
Jawaban: Kita harus menggunakan barang-barang yang kita miliki dengan bijak, tidak boleh boros, dan sesuai dengan kebutuhan. Jika kita boros menggunakannya maka akan mengancam ketersediaan sumber daya alam karena barang-barang tersebut terbuat dari sumber daya alam.
Pembelajaran 4
Buka lah buku tema kalian halaman 76 dan bacalah teks berikut ini dalam hati!
Dari Dokter Rana kita belajar bahwa ketika kita bekerja haruslah bermanfaat bagi orang lain.
Menjadi seorang dokter juga harus rendah hati dan menghargai orang lain.
Masih ingatkah kamu dengan cerita Dayu yang diejek oleh Dadu?
Apa yang dapat kamu lakukan supaya hal itu tidak terjadi?
Buatlah kesepakatan kelas dengan teman-teman supaya antarteman tidak saling menyakiti.
Tulislah ide-idemu.
Berikut contohnya.
Tugas Hari ini
Buatlah kesepakatan kelas dengan teman-teman supaya antarteman tidak saling menyakiti. Buatlah di buku gambar mu kemudian warnailah agar menjadi menarik dan indah.
lihatlah contohnya seperti gambar diatas, dan kembangkan lah idemu. Tunjukkan gambar Poster Kesepakatan kelas mu kepada guru mu.
Selamat mengerjakan dan tetap selalu semangat ya anak soleh solehah!!
0 comments:
Posting Komentar