Hari/tanggal : Senin, 04 Oktober 2021
Kelas : IV
Tema : 4 (Berbagai Pekerjaan)
Sub tema : 2 (Pekerjaan di sekitarku)
Pembelajaran : 1 & 2
Tujuan Pembelajaran :
a) Setelah mengamati gambar tentang penggunaan teknologi saat menangkap ikan, siswa mampu mengidentifikasi dampak penggunaan teknologi bagi keberadaan sumber daya alam dengan tepat.
b) Setelah mengamati gambar, siswa mampu menginformasikan perbedaan jenis pekerjaan dalam suatu kegiatan ekonomi dengan rinci
c) Setelah mencari informasi, siswa mampu menjelaskan hubungan simbol dengan makna sila kedua Pancasila dengan benar.
d) Setelah diberikan masalah, siswa mampu menganalisis masalah yang terkait dengan sila kedua Pancasila dengan terperinci.
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Subtema 1 tentang jenis-jenis pekerjaan dalam tema 4 ini, Dan untuk hari ini kita akan memasuki Subtema 2 ya tentang Pekerjaan di sekitarku.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Pembelajaran 1
Let's see this video.
Ayah bekerja sebagai seorang nelayan tradisional. Ayah tinggal di kampong nelayan. Ayah pergi melaut pada malam hari. Ayah membawa sampan dan jaring untuk pergi berlayar.
Saat berlayar, Ayah harus menghadapi ombak dan badai di laut. Karena hanya menggunakan sampan, Ayah tidak dapat pergi melaut terlalu jauh. Tangkapan ikan Ayah kadang banyak kadang sedikit. Semua bergantung pada cuaca. Sampan Ayah tidak bermesin. Ayah tidak perlu membeli bahan bakar.
Aku mendengar sekarang ada nelayan yang modern. Kapalnya lebih besar dan menggunakan bantuan mesin sehingga tidak mudah terguncang ombak. Kapal ini menggunakan mesin sehingga memerlukan bahan bakar. Banyak pemilik kapal tidak memedulikan penggunaan bahan bakar. Ada yang boros sehingga mencemari lingkungan perairan. Mereka bisa berlayar ke laut lepas
sehingga tangkapan ikannya banyak. Alat penangkap ikan mereka berupa jaring dan juga radar yang bisa mendeteksi kumpulan ikan, bahkan ada yang menggunakan bom.
Aku cukup sedih melihat sekarang ini banyak yang menangkap ikan dengan pukat harimau dan bahan peledak.
Pukat harimau adalah jaring sangat besar yang dapat menjaring semua makhluk hidup laut.Bom ikan adalah bahan peledak untuk menangkap ikan. Cara ini dapat menyebabkan hancurnya terumbu karang dan habitat ikan.
Tahukah kamu bagaimana ikan bisa kita makan?
Amati gambar di samping!
Hasil tangkapan ikan dijual ke pedagang ikan di pelelangan ikan. Dari tempat pelelangan itulah ikan dikirim ke pasar-pasar untuk dijual ke penjual ikan atau langsung ke konsumen. Penjual ikan dan konsumen wajib menjaga kebersihan pangan dengan cara mencuci ikan hingga bersih.
Kegiatan jual beli ada yang berupa barang dan ada pula yang berupa jasa. Apakah kamu dapat menyebutkan contoh yang kamu temui di sekitarmu kegiatan jual beli yang berkaitan dengan barang dan jasa?
Pekerjaan yang Menghasilkan Barang
Pekerjaan yang menghasilkan barang adalah pekerjaan yang menghasilkan sesuatu barang yang bisa digunakan oleh orang lain misalnya pembuat makanan, petani, nelayan, peternak, dan perajin.
Pekerjaan yang Menghasilkan jasa
Pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah suatu pekerjaan yang pelayanannya bisa dinikmati oleh orang lain. Pekerjaan ini tidak menghasilkan barang, misalnya guru, petugas kebersihan, dokter, tukang cukur rambut, polisi, dan sopir.
Pembelajaran 2
Pak Made adalah seorang pelukis. Lukisannya banyak dijual di galeri. Pak Made
sering mendapatkan pesanan untuk melukis wajah atau bentuk-bentuk lain.
Berbeda dengan Pak Made, Pak Toni adalah penjahit. Pak Toni menerima
pesanan orang-orang yang ingin membuat baju. Meskipun berbeda pekerjaan,
mereka berteman baik. Tidak pernah terpikir oleh Pak Made bahwa pekerjaannya
lebih baik daripada pekerjaan Pak Toni. Begitu pula sebaliknya.
Pekerjaan setiap orang berbeda. Jangan pernah merasa bahwa pekerjaan kita lebih baik daripada pekerjaan orang lain. Setiap pekerjaan sama, yang penting memberikan manfaat bagi orang lain.
Hal ini sesuai dengan makna sila kedua Pancasila. Ayo kita pelajari lebih lanjut.
Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?
Jawaban: Simbol sila kedua dari Pancasila adalah mata rantai. Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
Apa makna simbol sila kedua Pancasila?
Jawaban: Makna yang terkandung pada rantai yang berbentuk segi empat adalah laki-laki. Sedangkan perempuan dilambangkan sebagai lingkaran. Maksudnya kedua merupakan kombinasi yang saling terkait.
Jelaskan hubungan antara simbol dan dengan makna sila kedua Pancasila!
Jawaban: Mata rantai berbentuk segiempat melambangkan laki-laki. Mata rantai berbentuk lingkaran melambangkan perempuan. Mata rantai yang saling berkaitan melambangkan hubungan manusia satu dengan yang lainnya yang perlu bersatu dan saling membantu sehingga menjadi kuat seperti rantai.
Dayu Tidak Mau Sekolah
Dayu adalah temanku. Ia anak yang ramah. Meskipun lama tinggal di Jakarta, logat bahasa Dayu masih sangat kental dengan logat Bali. Hal itu membuat Dadu sering menertawakan Dayu. Dadu sering mengejek Dayu. Hal itu membuat Dayu sangat sedih. Ia menjadi tidak percaya diri untuk bicara di depan kelas. Ia takut ditertawakan Dadu. Hari ini Dayu tidak mau masuk sekolah karena malu.
Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik daripada orang lain. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang setara. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Tindakan Dadu menyakiti perasaan Dayu.
Perhatikan pertanyaan berikut!
Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?
Jawaban: Dadu mengejek dan mentertawakan logat Bali Dayu.
Bagimana perasaan Dayu terhadap sikap Dadu?
Jawaban: Dayu merasa sedih karena diejek dan ditertawakan Dadu.
Setujukah kamu dengan apa yang dilakukan Dadu? Jelaskan!
Jawaban: Tidak setuju apa yang dilakukan Dadu. Kita tidak boleh mengejek dan mentertawakan teman lain.
Apakah sikap yang dilakukan Dadu sesuai dengan sila kedua Pancasila?Jelaskan!
Jawaban: Mengejek orang lain artinya menganggap diri kita lebih baik. Menganggap bahwa orang lain lebih buruk. Hal itu sangat bertentangan dengan sila kedua Pancasila, bahwa setiap orang sama. Ejekan Dadu sangat tidak beradab. Itu menyakiti perasaan Dayu.
Matematika
Luas dan Keliling Persegi Panjang.
Sebelumnya kamu telah membuktikan luas dan keliling persegi. Sekarang dengan kelompokmu, diskusikan pembuktian luas dan keliling persegi panjang
Jumlah ukuran sisi yang membatasi sebuah bangun merupakan keliling dari
bangun tersebut. Pada bangun di atas, kelilingnya adalah AB + BC + CD + DA
= 7 satuan + 5 satuan + 7 satuan + 5 satuan = 24 satuan.
Jadi keliling persegi panjang 2 x (ukuran panjang + ukuran lebar)
Tugas Hari ini!!
1. Apa yang dilakukan Dadu terhadap Dayu?
2. Berbentuk apakah simbol sila kedua Pancasila?
3. Apa yang digunakan oleh nelayan tradisional untuk menangkap ikan?
4. Diketahui persegi panjang dengan panjang 5 cm dan lebar 3 cm.
Hitunglah luas dan kelilingnya!
5. Sebuah persegi panjang mempunyai keliling 20 cm. Lebar sisinya adalah 2
cm. Hitunglah luasnya.
Selamat Mengerjakan dan tetap semangat yaa!!
0 comments:
Posting Komentar