Kamis,2 September 2021
Kelas : V A
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Anak sholeh sholeha V bagaimana kabarnya di hari Kamis yang ceria ini semoga ananda semua dalam keadaan sehat dan tetap bersemangat serta senantiasa dalam lindungan ALLAH SWT aamiin.Sebelum ananda belajar awali dengan berdoa dahulu.,simak tauziah,sholat dhuha dan membaca alquran ya nak.....
Pembelajaran 3 dan 4 : 1.Peserta didik mengetahui tanggung jawab terhadap sampah dilingkungan sekitarnya
2. Peserta didik mencari informasi pada teks dengan cara menandai kata kuncinya
Muatan pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.2), PPKn (3.2), IPS (3.3)
Rangkuman Materi
PPKn (KD 3.2)
Tanggung Jawab terhadap Masalah Sampah.
Setiap manusia memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Salah satu tanggung jawab yang harus diterapkan di lingkungan sekitar adalah upaya penanggulangan masalah sampah.
Kerugian akibat tidak tanggung jawab terhadap sampah :
ü Membuat aliran sungai atau selokan tersumbat
ü Menimbulkan bau yang tidak sedap
ü Mencemari lingkungan
ü Menjadi sumber penyakit
Memiliki rasa tanggung jawab dalam masalah sampah merupakan hal yang sangat penting. Dengan sikap bertanggung jawab terhadap sampah, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Salah satu cara menanggulangi masalah sampah adalah dengan melakukan daur ulang. Daur ulang adalah menggunakan kembali barang-barang bekas menjadi berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang :
Sikap Tanggung Jawab terhadap Kebersihan Lingkungan
Dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, setiap orang harus melakukan dengan penuh tanggung jawab. Penerapan tanggung jawab sangat penting bagi terciptanya keharmonisan dalam kehidupan masyarakat. Penerapan tanggung jawab dapat menjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga dapat menciptakan ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.
Akibat tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat :
ü Terjadinya ketidak harmonisan dalam hubungan antarwarga masyarakat.
ü Terjadi kekacauan dimana-mana.
ü Tidak adanya kerukunan antarwarga masyarakat.
ü Tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan dalam masyarakat.
Masyarakat harus sadar akan kewajibannya dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian kehidupan masyarakat akan nyaman, aman, dan sejahtera.
IPS (KD 3.3)
Menghargai Kegiatan Ekonomi Orang lain
Kegiatan ekonomi pada gambar mulai dari produksi yang dilakukan produsen yaitu kayu di hutan, menebang kayu, kayu gelondongan, pengrajin kayu, distribusi yang dilakukan distributor yaitu menjual barang-barang kayu di toko mebel, konsumsi yang dilakukan konsumen yaitu barang-barang di toko mebel dibeli oleh pembeli.
Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa hasilkan. Kebutuhan tersebut biasanya bisa kita peroleh dari kegiatan ekonomi. Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan. Keterlibatan orang lain dalam kegiatan ekonomi dapat kita temukan dalam tahap produksi, distribusi, dan konsumsi. Kita harus menghargai peranan setiap individu, mulai dari yang melakukankegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
Cara Menghargai Usaha Orang lain
Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda setiap kegiatan usaha ekonomi harus kita hargai.
Cara menghargai usaha ekonomi orang lain :
ü Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
ü Tidak merendahkan usaha orang lain.
ü Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
ü Meneladani keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Bahasa Indonesia (KD 3.2)
Menandai Informasi pada Teks yang Dibaca
Agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kita dapat menandai kata kunci yang kita temukan di dalam setiap paragraf. Kata kunci tersebut dapat berupa ide pokok dan akan menjadi pengingat kita saat kita menjawab soal-soal yang diberikan.
Langkah-langkah menandai informasi dari teks :
ü Bacalah teks dengan seksama.
ü Berilah tanda informasi-informasi penting pada teks. Kamu juga dapat menandai ide pokoknya.
ü Kamu juga dapat membuat daftar pertanyaan beserta jawabannya terkait dengan teks.
ü Informasi yang sudah diperoleh dapat ditulis pada kertas terpisah yang nantinya akan diceritakan kepada orang lain.
Menceritakan Kembali Isi teks
Sebuah teks mengandung informasi. Informasi tersebut dapat ditemukan secara tersurat atau tersirat. Informasi tersurat artinya informasi tersebut secara jelas dalam teks yang dibaca. Informasi tersirat artinya informasi yang tidak tertulis langsung dalam teks. Jadi, kita perlu membuat kesimpulan sendiri berdasarkan teks yang dibaca tersebut.
Kita dapat menceritakan kembali isi teks dengan bahasa kita sendiri dengan memperhatikan langkah-langkah berikut :
ü Bacalah teks dengan seksama
ü Buatlah daftar pertanyaan berdasarkan teks
ü Bacalah teks dengan seksama
ü Buatlah daftar pertanyaan berdasarkan teks
ü Merangkai kembali jawaban-jawaban menjadi paragraf yang lebih singkat.
TUGAS
Jelaskan kembali materi yang sudah disimak dengan menggunakan bahasa yang jelas,baik dan benar sesuai kemampuan sendiri.
0 comments:
Posting Komentar