Lesson : Tematik
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Tujuan Pembelajaran :
1. Siswa mampu Menjelaskan dan melakukan operasi hitung campuran yang melibatkan bilangan cacah, pecahan, dan/atau desimal dalam berbagai bentuk sesuai urutan operasi..
2. siswa mampu Memahami makna proklamasi kemerdekaan, upaya mempertahankan kemerdekaan, dan upaya mengembangkan kehidupan kebangsaan yang sejahtera.
3. siswa mampu Memahami penampilan tari kreasi daerah.
4. siswa mampu Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya.
Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya di Tahun Ajaran Baru 2023/ 2024 baca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran 4 kemarin?
bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang Menganalisis cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan.
Hari ini kita akan masuk ke Pembelajaran 5,6 di subtema 4, kita akan mempelajari tentang Memahami penampilan tari kreasi daerah.
RINGKASAN MATERI
‘Bersatu Kita Teguh’ adalah semboyan bangsa Indonesia dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan.
Ayo Berdiskusi
Baca teks berikut dalam hati! Kemudian, diskusikan dalam kelompok!
Upaya Bangsa Indonesia Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat di Awal Masa Kemerdekaan Indonesia
Pada awal berdirinya Republik Indonesia, keadaan ekonomi Indonesia sangat buruk. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya harga barang-barang mahal akibat inflasi dan adanya blokade ekonomi oleh Belanda (NICA). Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah beserta rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan, di antaranya: Pada awal kemerdekaan, pemerintah dan rakyat Indonesia belum sempat melakukan perbaikan ekonomi secara baik. Baru bulan Februari 1946, pemerintah mulai memprakarsai usaha untuk memecahkan masalah-masalah ekonomi yang mendesak. Upaya-upaya tersebut meliputi: Pinjaman Nasional Program Pinjaman Nasional ini dilaksanakan oleh Menteri Keuangan. lr. Surachman. Pinjaman Nasional akan dibayar kembali selama jangka waktu 40 tahun.
Konferensi Ekonomi Konferensi ini dihadiri oleh para cendekiawan, para gubernur, dan para pejabat lainnya yang bertanggung jawab langsung mengenai masalah ekonomi di Jawa. Konferensi ini dipimpin oleh Menteri Kemakmuran, Ir. Darmawan Mangunkusumo. Tujuan konferensi ini untuk memperoleh kesepakatan yang bulat dalam menanggulangi masalah-masalah ekonomi yang mendesak, seperti masalah produksi dan distribusi makanan, sandang, serta status dan administrasi perkebunan. Pembentukan Badan Perancang Ekonomi Pembentukan Badan ini atas inisiatif Menteri Kemakmuran, dr. A.K. Gani. Badan ini merupakan badan tetap yang bertugas membuat rencana pembangunan ekonomi untuk jangka waktu 2 sampai 3 tahun. Rencana Kasimo (Kasimo Plan) Program ini disusun oleh Menteri Urusan Bahan Makanan I.J. Kasimo. Program ini berupa Rencana Produksi Tiga Tahun, 1948-1950 mengenai usaha swasembada pangan dengan beberapa petunjuk pelaksanaan yang praktis. Untuk meningkatkan produksi bahan pangan dalam program ini, Kasimo menyarankan agar : • menanami tanah-tanah kosong di Sumatra timur seluas 281.277 ha.; • di Jawa dilakukan intensifikasi dengan menanam bibit unggul; • pencegahan penyembelihan hewan-hewan yang berperan penting bagi produksi pangan; • di setiap desa dibentuk kebun-kebun bibit; • transmigrasi. Persatuan Tenaga Ekonomi Organisasi yang dipimpin B.R. Motik ini bertujuan untuk menggiatkan kembali partisipasi pengusaha swasta. Dengan dibentuknya PTE juga diharapkan dapat dan melenyapkan individualisasi di kalangan organisasi pedagang sehingga dapat memperkokoh ketahanan ekonomi bangsa Indonesia.
Ayo Berlatih
1. Kerukunan hidup bermasyarakat merupakan syarat untuk ….
a. Mencapai kebahagiaan
b. Mencari dukungan negara lain
c. Mencari keuntungan negara
d. Menjaga keutuhan bangsa dan negara
Jawaban : Menjaga keutuhan bangsa dan negara
2. Negara Indonesia dapat mencapai kemerdekaan karena rakyat ….
a. Bersatu padu
b. Gagah berani
c. Pandai silat
d. Pintar perang
Jawaban : bersatu padu.
3. Kita wajib …. Kemerdekaan.
a. Menuntut
b. Mensyukuri
c. Melupakan
d. Menjaga
Jawaban : menjaga.
4. Halangan dan kesulitan dapat teratasi dengan adanya ….
a. Bantuan negara lain
b. Pemimpin tangguh
c. Individualisme
d. Persatuan yang kuat dan erat
Jawaban : Persatuan yang kuat dan erat.
5. Yang berkewajiban menjaga persatuan dan kesatuan NKRI adalah ….
a. TNI
b. Presiden
c. Semua warga negara
d. Polisi
Jawaban : semua warga negara.
6. Kata baku biasa digunakan dalam ….
a. Kalimat nonformal
b. Kalimat formal
c. Percakapan harian
d. Menyapa orang yang lebih muda
Jawaban : kalimat formal
7. Berikut ini contoh kata baku, kecuali ….
a. Apotek
b. Negri
c. Foto
d. Arsip
Jawaban : negri
8. Kalimat yang menggunakan kata baku dengan benar yaitu ….
a. Sumpah Pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.
b. Memiliki rasa bangga sebagai bangsa dan negri.
c. Meningkatkan semangat Bhineka Tunggal Ika.
d. Masyarakat Indonesia mempunyai keberagaman yang amat banyak.
Jawaban : Sumpah Pemuda dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928.
9. Warna merah-putih pada bendera negara kesatuan republik indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
Perbaikan penulisan kalimat di atas yang benar adalah ….
a. Warna merah-putih pada bendera negara kesatuan Republik indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
b. Warna Merah-Putih pada bendera negara kesatuan Republik Indonesia diambil dari kerajaan Majapahit.
c. Warna merah-putih pada Bendera Negara Kesatuan republik Indonesia diambil dari kerajaan majapahit.
d. Warna merah-putih pada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia diambil dari Kerajaan Majapahit.
Jawaban : Warna merah-putih pada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia diambil dari Kerajaan Majapahit.
10. B.M. diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya.
Kalimat efektif yang tepat dari kalimat di atas adalah ….
a. B.M.Diah memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah dan mengantonginya.
b. B.M.Diah mengais naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya di sakunya.
c. B.M.Diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah dan mengantonginya di sakunya.
d. B.M. Diah mengais memungut kembali naskah asli proklamasi yang sudah dibuang dari keranjang sampah dan mengantonginya.
Jawaban : B.M. Diah memungut kembali naskah asli proklamasi dari keranjang sampah.
11. Pupuk yang baik dan tidak membahayakan bagi lingkungan berasal dari ….
a. Sisa industri
b. Bahan kimia
c. Kotoran hewan
d. Zat-zat langka
Jawaban : kotoran hewan
12. Berikut tumbuhan yang dimanfaatkan sebagai bahan bangunan, kecuali ….
a. Pohon jati
b. Pohon kedelai
c. Pohon bambu
d. Pohon meranti
Jawaban : pohon kedelai
13. Tumbuhan yang digunakan untuk mengobati ginjal adalah ….
a. Daun jambu biji
b. Daun jeruk nipis
c. Daun sirih
d. Daun kumis kucing
Jawaban : daun kumis kucing
14. Temulawak berkhasiat untuk ….
a. Melancarkan pencernaan
b. Mengobati batuk
c. Mengobati gusi berdarah
d. Mengobati ginjal
Jawaban : melancarkan pencernaan.
15. Berikut manfaat hewan bagi kehidupan manusia, kecuali …
a. Sebagai hiasan rumah
b. Sebagai sumber protein hewani
c. Dimanfaatkan tenaganya
d. Sebagai bahan sandang
Jawaban : sebagai hiasan rumah.
16. Beredarnya mata uang Jepang yang tidak terkendali mengakibatkan ….
a. Defiasi
b. Defisit
c. Inflasi
d. Surplus
Jawaban : inflasi
17. Menteri Kemakmuran yang memimpin konferensi ekonomi adalah ….
a. Ir. Surachman
b. Dr. A.K Gani
c. Sutan Syahrir
d. Moh. Hatta
Jawaban : Dr. A.K Gani
18. Setelah Indonesia merdeka, pasukan Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng ….
a. Jepang
b. Uni Soviet
c. Korea
d. Sekutu
Jawaban : sekutu
19. Negara yang besar adalah negara yang rakyatnya ….
a. Sedikit
b. Sejahtera
c. Banyak
d. Kurang mampu
Jawaban : sejahtera
20. Dalam konfrensi ekonomi pertama, pemerintah menanggulangi masalah ekonomi secara ….
a. Konseptual
b. Administrasi
c. Konkrit
d. Selektif
Jawaban : konseptual.
21. Membentuk pola lantai bertujuan untuk …
a. Menambah kreasi tari
b. Agar terlihat nyaman
c. Memberikan semangat
d. Mempercantik tari
Jawaban : Menambah kreasi tari
22. Motif yang terbentuk karena gerakan penari dinamakan ….
a. Pola tari
b. Pola gerak
c. Pola mimik
d. Pola lantai
Jawaban : pola lantai
23. Unsur utama dalam tari adalah ….
a. Nada
b. Gerak
c. Busana
d. Ritme
Jawaban : gerak
24. Tari Indang berasal dari ….
a. Maluku
b. Papua
c. Sumatra Barat
d. Kalimantan Timur
Jawaban : Sumatra Barat
25. Tari indang dilakukan secara
a. Berkelompok
b. Individu
c. Berpasangan
d. Massal
Jawaban : berkelompok
Kesimpulan
Alhamdulillah pembelajaran hari ini kalian sudah bs mengidentifikasi tentang Menelaah persatuan dan kesatuan terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara beserta dampaknya dan mampu Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana.
. Serta pembelajaran hari ini sangat menyenangkan ya nak.
Penutup
Baik anak soleh solehah 6A.
Sekian pembelajaran hari ini!
Wassalamu'alaikum wrwb.
0 comments:
Posting Komentar