Lesson : Tematik
Tema 2 : Persatuan dalam perbedaan
Muatan Pelajaran : IPS( KD 3.4), SBdP (kd 3.3) dan matematika ( KD 3.3)
Tujuan Pembelajaran :
1. siswa mampu menyebutkan makna Proklamasi Kemerdekaan dengan benar.
2. siswa mampu menggambarkan pola lantai tariannya dengan benar.
3. siswa mampu menentukan bentuk operasi hitung campuran terkait pecahan dengan benar.
Good morning soleh solehah kelas VI A SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya nak :) Mari membaca doa belajar dulu ya nak..
Adakah yang masih ingat pembelajaran di Pembelajaran tema 2 subtema 1apembelajaran 3 dan 4 kemarin?
bagus sekali, kemarin kita telah belajar tentang adaptasi tumbuhan berdasarkan habitatnta yaitu ada 3, hidrofit, higrofit dan xerofit, kemudian hari ini kita akan membahas materi di pembelajaran 5 yaitu tentang makna proklamasi kemerdekaan di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat serta kita akan belajar tentang pola lantai tarian daerah Indonesia selanjutnya untuk,matematika tentang operasi hitung pecahan.
Jumlah potongan kue = 3 potong + 31 potong + 2 potong
Jumlah potongan kue = 36 potong
Jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin.
1 kue batik = 12 potong
Jumlah kue batik = Jumlah potongan kue di tempat rapat : 12 potong
Jumlah kue batik = 36 potong : 12 potong
Jumlah kue batik = 3 potong
Jadi jumlah kue batik yang dikirim oleh Ibu Titin adalah 3
2. berikut ini adalah jawaban dari gambar pola lantai di atas!
Nama Tari |
Pola Lantai |
Tari Seudati |
|
Tari Andun |
|
Tari Tandak |
|
Tari Tambun
dan Bungai |
|
Latihan :
1. Lani dan Siti membawa kotak kue batik buatan Ibu Titin ke rumah Edo. Satu kotak kue berisi 6 potong. Mereka membagi 2 1/6 kotak kepada 4 temannya. Apakah Lani dan Siti memiliki potongan kue yang cukup apabila setiap temannya mendapat 4 potong kue? Bagaimana kalau mereka membagi 3 potong kue untuk setiap temannya?
Kesimpulan
Wujud cinta terhadap keragaman budaya yang ada di Indonesia merupakan penerapan makna proklamasi yang dapat kita lakukan dalam kegiatan sehari-hari seperti di lingkungan rumah, sekolah serta masyarakat. Kegiatan ini menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya luhur bangsa
Pola lantai adalah garis yang dilalui oleh penari saat melakukan gerakan tari. Pola lantai dapat dibentuk secara tunggal, berpasangan, atau berkelompok . contoh pola lantai dalam tari daerah antara lain : pola lantai vertikal , horizontal, melengkung, diagonal, serta zig zag.
REFLEKSI DAN EVALUASI
Baik untuk pembelajaran hari ini yang perlu kita bahas kembali tentang menggunakan kalimat tanta pada teks untuk membuat peta pikiran serta menuliskan pentingnya menjaga persatuan dalam perbedaan di pembelajaran 6 ya nak :)
PENUTUP
alhamdulillah pembelajaran hari ini berjalan dengan lancar dan sukses semoga bermanfaat dan tetap semangat terus dalam belajarnya
0 comments:
Posting Komentar