Hari/Tanggal :
Senin , 20 September 2021
Kelas :
IV
Tema :
3 (Peduli Terhadap Makhluk Hidup)
Subtema :
3 Ayo Cinta Lingkungan
Pembelajaran : 1 dan 2
Alat peraga : Video dan gambar
Tujuan Pembelajaran
1. 1. Siswa mampu mengidentifikasi pemanfaatan sumber daya alam hayati bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat.
2.
Siswa mampu menjelaskan manfaat dari
peduli dan melestarikan sumber daya alam dan lingkungan dengan tepat
3.
Siswa mampu menganalisis hak dan kewajiban masyarakat terhadap
lingkungan dengan terperinci.
4.
Siswa mampu membuat montase dari bahan
bekas dengan kreatif
Assalamu'alaikum,
Good morning my student? How are you this morning? I hope you are in a good condition.
Are you ready for the great day??
Before we come to our lesson, let’s say Basmallah.
Bismillahirrahmanirrahim.
Bagaimana dengan pembelajaran kemarin? Apakah kalian masih mengingatnya?? Kemarin kalian telah mempelajari Tema 3 Subtema 2 tentang Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku . Dan untuk hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran 1 & 2 di Tema 3 Subtema 3 ya tentang Ayo Cinta Lingkungan.
Sebelum kita memasuki pelajaran hari ini yuk kita kerjakan sholat dhuha dan murojaahnya yaa Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT dan diridhoiNya, dan selalu jaga kesehatan serta tetap semangat yaa belajar daringnya yaa…Amiiin
Let’s check this video.
VIDEO PEMBELAJARAN 1
IPS
Pemanfaatan sumber daya
alam hayati
Sumber
daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup.
Sumber daya alam hayati meliputi hewan dan tumbuhan. Sebagai sumber daya alam,
hewan dan tumbuhan di manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Bentuk
pemanfaatan sumber daya alam hayati sebagai berikut :
a.
Pertanian
Dalam bidang pertanian meliputi tanaman
pangan seperti padi, jagung, ketela pohon dan ubi.
b.
Perkebunan
Tanaman yang yang diusahakan dalam kegiatan
perkebunan antara lain tebu, tembakau, teh, kopi, kelapa sawit dan karet.
c.
Kehutanan
Kegiatan ini melestarikan hutan untuk
kepentiangan manusia. Hasil dari kehutanan antara lain kayu, getah, obat-obatan
dan madu
d.
Peternakan
Kegiatan ini mengembangbiakkan hewan dan
membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat. Peternakan dibagi
menjadi 3 yaitu peternakan besar meliputi, sapi, kerbau dan kuda. Peternakan kecil,
meliputi kambing dan domba. Dan peternakan unggas antara lain, ayam, itik dan
burung.
e.
Perikanan
Kegiatan ini memanfaatkan sumber daya
hayati perairan. Perikanan dibedakan menjadi 2 yaitu perikanan budidaya dan
perikanan tangkap. Perikanan budidaya dilakukan dengan cara memelihara seperti
nila, lele, udang, bandeng, kerang dan rumput laut. Sedangkan perikanan tangkap
dilakukan dengan cara mengambil langsung dari alam misalnya dengan cara
memancing, menjaring dan menjala.
IPA
Dari gambar di atas ada
hewan dan tumbuhan yang terawat dan tidak terawat. Si kap atau upaya yag dapat
kita lakukan terhadap hewan dan tumbuhan tersebut yaitu dengan cara merawat hewan
dan tumbuhan yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah cara merawat hewan
sebagai berikut :
a.
Menempatkan hewan di dalam kandang yang
sesuai.
b.
Memberi makan dan minum secukupnya.
c.
Menempatkan kandang di tempat yang cukup
sinar matahari.
d.
Membersihkan kandang setiap hari
e.
Mengobati hewan jika sakit.
Selain hewan peliharaan
dan hewan ternak yang kita rawat dan jaga, hewan liar juga perlu dijaga dengan
cara tidak melakukan perburuan liar. Karena perburuan liar dapat menyebabkan
hewan liar berkurang dan punah.
Selanjutnya cara
merawat tumbuhan sebagai berikut :
1.
Menyirami dengan air secara teratur.
2.
Memberikan pupuk tanaman yang sesuai.
3.
Menyingai rumput yang tumbuh di
sekitarnya.
4.
Memangkas tanaman yang sudah besar dan
lebat.
5.
Melindungi dari serangan hama dan
penyakit.
.
Let’s check this video.
VIDEO PEMBELAJARAN 2
Ringkasan Materi Pembelajaran 2
PKn
Sebagai warga negara, kita berkewajiban ikut menjaga dan melestarikan lingkungan alam agar terjaga kelestariannya. Caranya dengan membiasakan diri bersikap peduli terhadap lingkungan.
Berikut ini adalah contoh sikap peduli untuk melestarikan hewan dan tumbuhan yang dapat kita lakukan :
1. Tidak berburu hewan secara liar dan tidak menebang pohon sembarangan.
2. Melakukan tebang pilih (menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan)
3. Melakukan reboisasi (penghijauan kembali)
4. Melakukan peremajaan tanaman
5. Melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui orang yang melakukan tindakan mengancam kelestarian tumbuhan dan hewan
Seni Budaya dan Prakarya
(SBdP)
Karya
montase dihasilkan dari menggabungkan beberapa gambar yang sudah jadi. Gambar-gambar
tersebut dipadukan hingga menghasilkan satu gambar baru.
Perbedaan
antara montase dan mozaik, yaitu montase adalah menyusun ulang sesuatu (gambar)
yang sudah ada dengan sesuatu (gambar) lainnya. Sedangkan mozaik itu membuat
gambar dengan cara membentuk potongan – potongan kecil sehingga menjadi suatu
gambar.
Cara Membuat Montase
1. Alat : gunting
2. Bahan-bahan : majalah, koran ,
gambar-gambar yang akan dijadikan montase , kertas HVS atau karton dan lem.
3. Langkah –langkah
a. Potonglah gambar-gambar yang akan
dijadikan montase, misalkan badan dan kepala berbeda.
b. Guntinglah gambar tersebut yang
dirasakan sudah cocok.
c. Tempelkan gambar pada buku gambar
yang sudah disiapkan dengan menggunakan lem.
d. Lihat hasil montase yang dibuat
Latihan
a. Mengerjakan Latihan di Modul
tematik halaman 65-66 (bagian PKN, B. Indonesia, IPA, IPS dan SBdP saja ya nak )
b. Tugas Portopolio
Membuat
Montase dengan tema “ Cintai Lingkungan ’’ seperti contoh di buku Tema 3
Halaman 106
Dikumpulkan di hari Selasa ya nak
Dan Selalu ingat Tiga Kata Ajaib dalam kegiatan belajar di rumah, Yaitu Mengucapkan "tolong" Ketika meminta bantuan kepada Ayah/Mama/kakak dalam belajar, Meminta maaf jika ada melakukan salah atau meminta izin mengucapkan terimakasih jika sudah mendapat bantuan :)
0 comments:
Posting Komentar