Kamis, 19 September 2024

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                   


Day / Date : Kamis, 19 September  2024

Lesson : Tematik

Tema 3 : Benda di Sekitarku

Subtema 1 :  Aneka Benda di Sekitarku

Pembelajaran : 2 dan 3

Muatan Pelajaran :   Bahasa Indonesia , PKN  MTK, 

Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran, meteran pita 


Tujuan Pembelajaran 2 dan 3 :

1.    Dengan membaca wacana berjudul Benda Terbuat dari Kayu, siswa dapat menemukan kosakata baru yang terdapat dalam wacana.

2. Dengan melakukan praktik musyawarah, siswa mengetahui arti penting melakukan musyawarah untuk menyelesaikan musyawarah dengan tepat.

3. Dengan mengamati benda-benda dari kertas, siswa dapat mengidentifikasi benda-benda yang berbahan dasar dari kertas dengan tepat

4. Dengan mencari arti kata dari kosakata yang diberikan, siswa dapat memahami arti kata baru dengan tepat.

5. Dengan mengiringi lagu, siswa dapat mempraktikkan pola irama lagu dengan tepukan yang tepat.

6. Dengan mengamati alat ukur, siswa dapat mengidentifikasi satuan panjang yang ada di alat ukur tersebut dengan tepat.

1. Sapaan
Assalamualaikum warrahmatullahi wabarakatuh
hallo class good morning, how are you today? 
Okey class before starting our learning pray, dhuha, murojaah and listen tausiyah first

2. Apersepsi :
Hallo anak sholih sholihah sebelum kita mulai pembelajaran kita pagi hari ini kita 
berdoa terlebih dahulu...


 
kemudian ibu akan cek dulu semangat pagi nya. Tepuk Semangat.... 

Oke sudah semangat sekali berarti sudah siap untuk mulai belajarnya, pada pertemuan sebelumnya kita sudah membahas  benda-benda yang ada disekitar kita, kemudian kita sudah membahas cara mengukur benda menggunakan alat ukur yaitu meteran pita, rol Pada hari ini kita akan masuk  ke pembelajaran 2 dan 3 yaitu benda yang terbuat dari kertas, dari kayu, kemudian kita akan belajar tentang bermusyawarah termasuk pengamalan sila ke 4. Kita mulai ya pembelajarannya anak sholih dan sholihah.... Mari perhatikan video pembelajaran berikut ini ya nak :)







3. Materi Ajar





Benda Terbuat dari Kayu Sebutkan bahan untuk membuat pensil! Pensil terbuat dari kayu. Di sekitarmu banyak sekali benda yang terbuat dari kayu. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, dan lemari. Kayu juga digunakan untuk membuat benda kerajinan. Misalnya, patung dan pigura. Kayu adalah bagian dari pohon. Untuk memperoleh kayu, kita harus menebang pohon. Kemudian mengambil bagian batang untuk diolah menjadi berbagai macam benda. Perubahan dari batang kayu menjadi benda-benda tersebut melalui proses yang berbeda-beda.
Pertama, batang pohon ditebang. Batang pohon yang telah ditebang disebut kayu gelondongan atau log. Kemudian, log dikirim ke pabrik atau pusat penggergajian. Pengiriman log menggunakan angkutan khusus. seperti truk melalui darat atau kapal melalui sungai. Setelah itu, log dipotong-potong sesuai keperluan. Untuk menghindari jamur dan serangga yang dapat menyerang kayu, maka kayu perlu dikeringkan. Cara hanya dengan dijemur. Kayu dijemur sekitar 2 hingga 4 minggu. Setelah dijemur, kayu siap diolah sesuai keperluan. Kayu dapat dipilih menjadi bahan dasar benda. Mengapa? Karena kayu mempunyai banyak keunggulan. Keunggulan kayu adalah mudah dibentuk. Beberapa benda yang terbuat dari kayu jati dapat bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Kelemahan benda berbahan kayu adalah tidak tahan api, sehingga mudah terbakar. Namun, ada beberapa jenis kayu yang mudah terserang rayap atau serangga lainnya.

Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat digunakan sebagai bahan dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini! 




Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon? Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur yang sama? Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya. 

PKN 
Bermusyawah merupakan kegiatan pengamalan sila pancasila ke 4. kegiatan ini dilakukan secara kelompok untuk mencapai mufakat/kesepakatan bersama.
dalam kegiatan pembelajaran di kelas setiap masing masing siswa memiliki pendapat yang berbeda-beda. dalam praktiknya siswa dimbing untuk menghargai setiap perbedaan pendapat. Berikut ini  ciri musyawarah yang baik, yaitu sebagai berikut.




Latihan soal




Setelah mengetahui jenis alat ukur yang digunakan . Mari kalian mencoba mengukur tinggi bada temanmu ya nak



5. Kesimpulan 




6. Penutup

Demikian pembelajaran hari ini semoga bermanfaat dan dapat dipahami. selalu laksanakan sholat 5 waktu ya nak
 Wassalamualaikum.wr.wb.







0 comments:

Materi Ajar, Kamis19 September 2024 ( Tema 3 Subtema 1 pembelajaran 2 dan 3)

                                    Day / Date : Kamis, 19 September  2024 Lesson : Tematik Tema 3 : Benda di Sekitarku Subtema 1 :  Aneka B...

Template by:

Free Blog Templates