Muatan Pelajaran : PKN , Bahasa Indonesia , MTK, SBdP
Media /Alat Peraga : Video Pembelajaran, contoh gambar dekoratif
Tujuan Pembelajaran :
1.Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
menceritakan pengalamanmenjalankan
tugas berkaitan dengan perannya dalam kehidupan sehariharidi rumah sebagai perwujudan pengamalan sila Pancasila yangdilambangkan dalam “Garuda Pancasila”.
2.Dengan kegiatan diskusi, siswa dapat
membuat pertanyaan mengenaicara-cara
perawatan tumbuhan untuk wawancara.
3.Setelah kegiatan wawancara, siswa
melaporkan hasil wawancaramengenai
cara-cara perawatan tumbuhan secara lisan dengan lafal danintonasi yang tepat.
4.Dengan memperhatikan gerakan guru,
siswa dapat menjelaskan prosedurkombinasi
gerakan memutar dan menekuk dalam permainan tapakgunung.
1. Apersepsi
Good morning soleh solehah kelas III A di SD AL AZHAR 3 B. LAMPUNG
Bagaimana hari ini kalian tetap semangat dan selalu semangat ya, Sebelumnya mari kita baca doa belajar dulu ya nak..
Alhamdulilah, kita sudah berdo'a bersama dan kemarin kita sudah belajar pembelajaran 2 dan 3 tentang hak dan kewajiban, gambar dekoratif, selanjutnya kita akan belajar di pembelajaran 4 tentang kegiatan wawancara, Mari perhatikan video dan materi berikut ini ya nak 👍
Materi Ajar
PEMBELAJARAN 4
PKN
Setiap anggota keluarga, mempunyai hak dan
kewajiban sesuai dengan peran masing-masing.
Ayah berperan sebagai kepala keluarga. Ibu berperan
sebagai pendamping kepala keluarga. Anak berperan
sebagai anggota keluarga.
Kewajiban ayah bertanggung jawab mencari nafkah.
Ayah juga yang melindungi keluarga. Ibu membantu
ayah mengurus semua keperluan keluarga. Tugas
ibu di antaranya adalah menyiapkan makanan
untuk keluarga, serta mengatur rumah agar tetap
bersih dan nyaman. Ada juga ibu yang bekerja untuk
membantu ayah mencari nafkah.
Kewajiban anak-anak yaitu belajar dan membantu
melakukan pekerjaan rumah tangga. Tugas yang
dapat dilakukan anak-anak yaitu merapikan mainan
setelah digunakan. Anak-anak dapat juga membantu
hal lainnya, seperti menyapu, mengepel, menyiram
tanaman, atau merawat tanaman.
Selain memiliki kewajiban, seluruh anggota keluarga
juga memiliki hak. Contoh hak ayah dan ibu yaitu
dihormati dan disayangi anak-anak. Anak-anak juga
memiliki hak untuk disayangi orangtuanya dan dicukupi semua kebutuhannya.
Menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, merupakan pengamalan sila kelima Pancasila. Keadilan
sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah bunyi
sila kelima Pancasila.
Contoh soal yang dikerjakan secara mandiri dengan membaca teks di buku tematik halaman 134-135
Bahasa Indonesia
Wawancara adalah proses tanya jawab antara dua orang yaitu pewawancara dan narasumber. Pewawancara adalah orang yang mengajukan pertanyaan, sedangkan narasumber adalah orang yang memberikan jawaban atau informasi yang dibutuhkan oleh pewawancara.
Tahap- tahap Wawancara harus dilakukan dengan pesiapan berikut tahapan-tahapan dalam wawancara .
1. Tahap Persiapan
a. Menentukan topik wawancara
b. Menghubungi narasumber
c. Menyusun daftar pertanyaan
Pertanyaan wawancara dapat diawali dengan beberapa kata tanya yaitu apa, siapa , mengapa, kapan, dimana dan bagaimana.
2. Tahap Pelaksanaan
a. Mengutarakan maksud dan tujuan wawancara
b. Menyampaikan pertanyan dengan teratur
c. Mencatat pokok -pokok wawancara
3. Tahap Penyusunan Laporan
Hasil wawancara yang sudah dilakukan disusun menjadi sebuah laporan.
Tugas hari ini
Peserta didik dibagi kelompok kemudian membuat daftar pertanyaan berikut ini dengan kaliat tanya 5 W +1H tentang cara merawat tanaman.
Kesimpulan
Alhamdulilah kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar. Dari 20 siswa terdapat 2 siswa yang masih perlu bimbingan dalam memahami materi hak dan kewajiban anggota keluarga, guru memberikan penjelasan kembali kepada siswa tersebut.
Refleksi & Evaluasi
Untuk pembelajaran PKN Bahasa Indonesia, hari ini berjalan lancar dan ananda semua sudah dapat memahami materi ini dengan baik.
Penutup
Demikian pembelajaran hari ini, semoga Ananda sholeh dan sholehah dapat memahaminya. InysAllah kita akan berjumpa kembali di materi selanjutnya yaitu Pembelajaran 5 yaitu tentang wawancara dan peran setiap anggota keluarga
0 comments:
Posting Komentar